Review Bumi Manusia (2019) |Adaptasi Pram dengan Drama Khas Hanung

Kabar Bumi Manusia akan difilmkan oleh Falcon Pictures sebenarnya cukup membuat gue kaget. Terlebih diangkatnya Hanung Bramantyo yang duduk di kursi sutradara. Apalagi yang mendapatkan peran Minke adalah Iqbaal Ramadhan. Banyak yang terang-terangan kecewa dengan mengeluarkan pertanyaan, “Kenapa Dilan?” Tapi kayaknya gak mungkin sebuah adaptasi buku bisa menyenangkan seluruh pembaca setia. Mau bagaimana pun juga,…

Review Koboy Kampus (2019) |’Biopik’ Negara The Panasdalam

Setelah Dilan sukses besar, Pidi Baiq memberanikan diri membuat filmnya sendiri lewat Koboy Kampus. Film Koboy Kampus produksi 69 Production bekerjasama dengan MNC Pictures ini disutradarai oleh duet Pidi Baiq & Tubagus Deddy. The Synopsis Pidi (Jason Ranti), mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) di periode tahun 1995-1998 resah dengan banyaknya demo terhadap pemerintah yang dilakukan rekan-rekannya. Alih-alih ikut demo, keresahannya itu Pidi tuangkan…

Review Dua Garis Biru (2019) |Bukan Sekedar Romance-Comedy

Dua Garis Biru mendapatkan respon negatif bahkan sebelum filmnya tayang. Banyak orang mengisi petisi yang menyebutkan bahwa film ini menjerumuskan. Tapi Gina S. Noer berhasil membungkam orang-orang tersebut lewat kerja kerasnya di film ini. The Plot Skenario garapan Gina S. Noer ini sangat detail dan menyentuh. Gina berhasil menuangkan persoalan tabu menjadi semakin dekat. Alih-alih…

Review Parasite (2019) |Tragicomedy Ala Bong Joon-ho

Siapa yang gak tergoda buat nonton film yang mendapatkan penghargaan Palme d’Or (Penghargaan tertinggi) pada Festival Film Cannes 2019? Bahkan katanya, Parasite mendapatkan standing ovation selama 5 menit setelah film ini tayang pada festival tersebut. The Synopsis Ini adalah kisah satu keluarga miskin yang bermimpi menjadi kaya. Keluarga ini terdiri dari seorang ayah bernama Ki-taek (Song…

Review 27 Steps Of May (2019)|Memahami Sebuah Trauma

Sama seperti Kucumbu Tubuh Indahku 27 Steps Of May juga melanglangbuana melewati festival-festival film, sebelum akhirnya tayang di Indonesia. The Synopsis Malam itu seorang gadis SMP bernama May (Raihannun) sedang dalam perjalanan pulang dari pasar malam. Alih-alih pulang, May disekap dan diperkosa oleh beberapa orang. Bapak (Lukman Sardi) terkejut mendapati kondisi puterinya malam itu. Delapan tahun kemudian kita melihat May yang…

Review Kucumbu Tubuh Indahku (2019)|Kisah Perjalanan Seorang Penari

Setelah melanglangbuana di berbagai festival film di dunia, akhirnya Kucumbu Tubuh Indahku tayang pada bulan april 2019 di Indonesia. The Synopsis Juno kecil (Raditya Evandra) hidup bersama bibinya di pedesaan Jawa Tengah. Juno yang ditelantarkan oleh ayahnya dititipkan untuk tinggal dan membantu Bulik (Endah Laras). Bakat seni Juno mulai muncul manakala ia bergabung dengan sebuah sanggar tari…

Review Five Feet Apart (2019) |Drama Penderita Cystic Fibrosis

Entah film ke berapa yang diangkat dari novel, Five Feet Apart cukup mencuri perhatian gue lah. Sebagian besar alasannya adalah karena yang mainnya Cole Sprouse hahaha So, mari kita review… Sinopsis Five Feet Apart bercerita tentang kisah cinta Stella Grant (Haley Lu Richardson) dan Will Newman (Cole Sprouse). Keduanya merupakan pasien Cystic Fibrosis yang bertemu di…

Review Dilan 1991 (2019) |Rumitnya suatu hubungan?

Sebagai orang yang membaca novelnya, gue gak mau ketinggalan dong nonton ini. Apalagi kemarin, 24 februari 2019, ditetapkan sebagai Hari Dilan. So, mari kita review…     Sinopsis Film Dilan 1991 menceritakan romansa dari kisah remaja antara Dilan yang diperankan Iqbaal Ramadhan dan Milea yang diperankan Vanesha Prescilla. Setelah resmi berpacaran, hubungan Dilan dan Milea…

Review Orang Kaya Baru (2019) |Kapan lagi dapet 30M?

Kayaknya impian hampir semua orang adalah tiba-tiba menjadi jutawan. Ya salah satunya gue sih hahaha. Premis menarik ini difilmkan oleh Screenplay Film yang bekerja sama dengan Legacy Pictures. Mari kita review…. Sinopsis Kisahnya menampilkan sebuah keluarga yang (harus) makan bersama tiap malam demi penghematan. Penghasilan Bapak (Lukman Sardi) di bengkel tak seberapa, demikian pula hasil…

Review Green Book (2018) |Bukan Sekedar Road Trip Movie

Penasaran sama film ini karena kemaren dapet 3 piala Golden Globes, dan dapet 5 nominasi oscar ( Best Pictures, Best Actor, Best Supporting Actor, Best Original Screenplay, dan Best Film Editing). So… Sinopsis Penjaga klub malam, Frank Anthony “Tony Lip” Vallelonga (Viggo Mortensen) sedang mencari pekerjaan baru karena tempat dia bekerja ditutup selama 2 bulan karena suatu…