Review Parasite (2019) |Tragicomedy Ala Bong Joon-ho

Siapa yang gak tergoda buat nonton film yang mendapatkan penghargaan Palme d’Or (Penghargaan tertinggi) pada Festival Film Cannes 2019? Bahkan katanya, Parasite mendapatkan standing ovation selama 5 menit setelah film ini tayang pada festival tersebut.

parasite_xlg

The Synopsis

Ini adalah kisah satu keluarga miskin yang bermimpi menjadi kaya. Keluarga ini terdiri dari seorang ayah bernama Ki-taek (Song Kang-ho), istrinya bernama Chung Sook (Jang Hye-jin), anak laki-lakinya bernama Ki-woo (Choi Woo-shik) dan anak perempuannya bernama Ki-jung (Park So-dam). Suatu hari Ki-woo mendapatkan pekerjaan sebagai guru les privat bahasa Inggris untuk Park Da-hye (Jung Ji-so) dari keluarga Park. Sejak Ki-jung masuk ke dalam rumah itu, serangkaian kejadian mengejutkan dimulai.

parasite-film-korea-3-1024x683

The Plot

Setelah menonton film ini, gue gak bisa mengkategorikan Parasite masuk genre apa. Naskah yang ditulis oleh Bong Joon-ho dan Han Jin-won ini ditulis rapi. Kita bisa tertawa dan meringis sedetik kemudian. Mungkin kita harus setuju sama sutradaranya, Bong Joon-ho, yang melabeli film ini tragicomedy.

parasite-1

Yang gue suka dari setiap film Bong Joon-ho adalah selalu membahas satir. Kali ini, dia menuangkannya lewat si kaya dan si miskin yang ceritanya realistis banget. Parasite berhasil menggambarkan bahwa hidup emang setragis itu, selucu itu, dan semengejutkan itu.

Babak pertama, kita bisa dibuat nyengir bahkan tertawa terbahak-bahak lewat komedinya yang gelap. Babak kedua,  keanehan mulai muncul meskipun masih diselipi bumbu komedi. Babak ketiga, kita dibuat tegang mampus. Perpindahan genrenya mulus banget.

parasite-film-korea-7

The Technic

Hong Kyung-pyo yang duduk sebagai sinematografer mampu bermain epik dengan memanfaatkan setiap momen. Emang gak ada scene yang memorable banget, tapi berkat angle yang dipilih Bong Joon-ho, filmnya terasa genius. Komposisi dan bloking aktornya justru yang paling diperhatikan Bong. Hal ini kembali menjadi nilai plus.

parasite-film-korea-2-1024x683

Pemilihan latar tempatnya juga gue suka banget. Si kaya diperlihatkan dengan rumah mewah di perbukitan dengan pemandangan indah. Si miskin diperlihatkan dengan hidup di sebuah basement kumuh. Keduanya memperlihatkan kejomplangan strata sosial yang berusaha diangkat di film ini.

Scoring garapan Jung Jae-il juga berperan penting dalam membangun emosi penonton. Mulai dari permainan piano, jumpscare yang gak berlebihan, dan aksi orkestra megah berhasil menyatu dengan filmnya.

parasite-film-korea-4-1024x683

 

The Character

Gue suka banget sama pemilihan karakternya. Semua aktor bermain dengan epik. Yang paling menjadi nilai plusnya adalah, semua karakter di film ini adalah abu-abu. Sesuai judul film ini, keluarga miskin mampu membuat kita iba tapi terkadang juga kesal lewat kelakuan kurang ajarnya.

p1

Keluarga kaya justru gak digambarkan disfungsional. Mereka berhasil membuat penontonnya hanyut. Bahkan ada scene yang menyadarkan pada kita bahwa mau bagaimanapun kerja kerasnya, si miskin tetaplah miskin. Dan si kaya tetaplah kaya.

p3

The Conclusion

Parasite adalah sajian lucu, menegangkan serta mengejutkan. Bong Joon-ho ingin penontonnya menyaksikan jarak kelas ekonomi secara nyata. Dan poin itu berhasil dibawakan dengan mulus. Sebuah drama-komedi-satir-thriller yang sangat layak mendapatkan penghargaan tertinggi dari Festival Film Cannes 2019. Parasite is a pure genius!

Jangan sampai ngelewatin film sekeren ini di bioskop!

Rating: 4,5/5

1087814.jpg-c_215_290_x-f_jpg-q_x-xxyxx

 

 

 

 

Advertisements

One Comment Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s