Review Ghost Writer (2019) | Horror-Comedy atau Drama-Comedy?

Lebaran ini, Starvision menggandeng sutradara debutan. Mengawali karirnya sebagai Stand Up Comedian, Bene Dion Rajagukguk kini duduk di kursi sutradara, setelah sebelumnya sering menggarap skenario.

POSTER_GHOST-WRITER

The Synopsis

Naya (Tatjana Saphira) seorang penulis novel yang hidup bersama adiknya, Darto (Endy Arfian) memutuskan untuk pindah ke rumah kontrakan baru. Rumah milik bapak Djarot (Slamet Rahardjo) itu ternyata menyimpan misteri kelam. Buku harian di atas plafon rumah yang Naya temukan adalah pemicunya. Buku tersebut berisi kisah hidup Galih (Ge Pamungkas). Naya tertarik untuk menjadikannya novel. Bagi Galih, buku ini adalah sebuah pembelaan terhadap prasangka salah kedua orang tuanya. Bagi Naya, buku ini adalah materi brilian untuk novel terbarunya setelah 3 tahun kering ide. Maka sebuah kerjasama beda alam pun dimulai.

ghost-writer-movie-film-indonesia-movie-header

The Plot

” What if the ghost writer is actually a ghost? ”

Premis menarik dari Nonny Boenawan yang berkolaborasi dengan Bene Dion ini yang menjadi daya tarik dari film ini. Tapi…..

Sama seperti judul yang gue kasih, film ini terasa membingungkan. Untuk urusan komedi sih, ya gak usah ditanya. Sukses bikin gue ketawa-ketawa. Tapi kalau menyangkut unsur horor, Bene Dion kurang maksimal. Sama sekali gak bikin takut. Mungkin maksudnya, Bene ingin membuat setannya tetap lucu. Tapi ya… gak gitu juga 😦  Yang bikin kaget lagi, tiba-tiba filmnya berubah genre ke drama keluarga.

Babak pertama dan kedua, kita disuguhkan dengan komedi khas komika -bukan jokes receh- (Yang sangat terasa film Ernest btw) dengan sedikit bumbu horor. Babak ketiga, tiba-tiba aja kita diseret untuk menyaksikan drama keluarga. Mungkin bagi sebagian orang, unsur drama tersebut yang bikin Ghost Writer unggul. Tapi menurut gue, hal itu justru bikin mengerutkan dahi dan ingin berkomentar, ” Jadi genre filmnya apa sih? ”

00255412

The Technic

Parah sih gue suka banget sama ramuan komedi Bene Dion dan Muhadkly Acho. Banyak sindiran tentang sinetron atau kebodohan film horor Indonesia sebelum-sebelumnya. Bahkan unsur horor di film ini punya alasan yang jelas (Dan gak bodoh pastinya) -Meskipun emang gak serem sih-. Tapi kayaknya sutradara lain bisa mengambil contoh dari film ini.

Sinematografi garapan Roby Herbi ini juga jadi point plus dari Ghost Writer. Meskipun ada transisi yang terasa kasar di beberapa adegan, hal itu gak mengganggu film secara keseluruhan.

Departemen yang perlu diapresiasi lainnya adalah tata suara. Gak ada jumpscare lebay. Gak ada scoring yang terasa mengganggu. Pokoknya pas deh.

Sayangnya, gue harus bilang kalau kekurangan lainnya dari film ini ada di tata rias. Make up pada Galih dan Bening sering kali gak merata. Bahkan kadang gue merasa terganggu.

film-ghost-writer-4-1024x576

The Character

Tatjana Saphira berhasil memerankan karakter yang idealis dan apa adanya. Gue malah lebih suka dia di film ini ketimbang film sebelah. Chemistrynya dengan Ge Pamungkas juga bagus banget.

film-ghost-writer-3-1024x576

Gue rasa, Ge Pamungkas berhasil membuktikan pada semua orang bahwa dia juga bisa akting. Kemampuannya dalam menampilkan sorot mata sedih dan ekspresi lugu berhasil membuat dia…. naik 1 tingkat lagi.

film-ghost-writer-2

Tapi yang justru mencuri perhatian adalah Endy Arfian dan M. Iqbal Solaiman. Endy sukses bikin gue ketawa-ketawa lewat aktingnya yang cengeng. Iqbal juga sukses bikin gue kesel sama kalimat-kalimat yang dia keluarkan. Pecah!

59377938_182830035967457_4484329628824660305_n

The Conclusion

Sebagai seorang sutradara debutan, Bene Dion bisa membuktikan bahwa karyanya gak bisa dipandang sebelah mata. Terlebih, unsur komedinya siap mengocok perut. Kalau mau cari film serem, kayaknya Ghost Writer bukan pilihan.  Tapi kalau suka sama film yang punya pesan moral yang ngena, coba tonton deh film ini.

Rating: 3/5

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s