Review Aladdin (2019) | Live Action yang Menyenangkan

Awalnya, gue kaget ketika Disney memutuskan membuat live action dari animasi paling laris setelah The Lion King. Apalagi ketika melihat foto-foto promo dan trailer yang beredar. Banyak yang menganggap jelek. Tapi setelah menonton filmnya… kayaknya banyak yang mencabut kata-kata itu.

aladdin_ver2_xlg

The Synopsis

Aladdin (Mena Massoud) si tikus jalanan jatuh cinta kepada Putri Jasmine (Naomi Scott). Namun harapan belum sirna bagi Aladdin, lantaran dia menemukan lampu ajaib berisi Genie (Will Smith) yang bisa mengabulkan tiga permintaan. Aladdin meminta untuk menjadi pangeran supaya bisa berkelit dari hukum dan pandangan sosial. Namun di luar niat awalnya, permintaan Aladdin kemudian menjadi semakin egois, dan keadaan menjadi tidak bisa lebih berbahaya lagi saat lampu jin ajaib tersebut jatuh ke tangan Jafar (Marwan Kenzari), penasehat kerajaan yang jahat.

aladdin-2019-2-1024x660

The Plot

Mungkin karena Guy Ritchie beranggapan bahwa kisah Aladdin udah banyak orang tau, paruh awal film terasa sangat padat. Bahkan pengenalannya cuma lewat lagu. Babak kedua terasa sangat panjang, bagian ini bikin sedikit bosen. Babak ketiga terasa sangat ‘drama’.

Hampir sama persis dengan versi animasinya, Aladdin live action juga bercerita tentang kebebasan. Kebebasan Aladdin untuk bermimpi dan tidak dipandang sebelah mata lagi. Kebebasan Putri Jasmine dari kekangan tradisi. Dan kebebasan Genie dari keharusan melayani. Poin tersebut berhasil tersampaikan dengan baik.

Yang paling gue suka adalah penambahan cerita pada karakter Jasmine. Di film ini, Jasmine bukan cuma menolak untuk dijodohkan, tapi juga berkeinginan untuk menjadi pemimpin. Girl power, yes! 

aladdin-2019-mena-massoud-e1558579899780

The Technic

Agrabah diceritakan ada di Timur Tengah. Tapi gak tau kenapa, filmnya justru lebih terlihat seperti India ketimbang Arab.

Visualisasi dan CGI gak ada yang mengganggu. Tapi gak spesial. Ya khas film-film Disney lah. Mungkin karena keterbatasan live action dalam memvisualisasikannya, terutama pada kemampuan Genie.

Yang paling menonjol adalah adegan parkour yang dimainkan Aladdin. Kita diperlihatkan bagaimana Mena Massoud melompati tembok ke tembok, atap ke atap sampai memanfaatkan tenda pasar sebagai trampolin. Aksi kejar-kejarannya juga cukup menghibur.

Yang bikin penilaian gue terhadap film ini naik jelas ada pada scoring. “Arabian Nights” yang menghantarkan kita memasuki dunia seribu satu malam yang divisualisasikan dengan penuh warna. “Friend Like Me” dan “Prince Ali” yang gegap gempita. “A Whole New World” yang meskipun tak seindah versi aslinya tetapi jelas gak bisa dibilang jelek juga. Dan tentu aja, “Speechless” yang dibawakan penuh emosional.

aladdin-2019-4-1024x576

The Character

Naomi Scott gak usah diragukan lagi. Selain karena cantik banget dan mirip sama Jasmine, aktingnya juga cukup oke. Interaksinya dengan Mena Massoud terasa klop banget. Persahabatannya dengan Dalia juga terasa nyata dan gak dibuat-buat. Semoga kedepannya Naomi akan membintangi lebih banyak film lagi. Gue bakal menunggunya!

aladdin-2019-3-1024x683

Mena Massoud yang sempat dibilang gak cocok (Malah ada yang ngasih ide kalau Zayn Malik yang mengisi soundtracknya lah yang seharusnya menjadi Aladdin) tampil cukup memuaskan. Dia bisa membawa penonton merasakan kecanggungannya terhadap interaksi dengan Jasmine, juga bisa membuat kita sedih lewat tutur katanya, terutama di babak ketiga.

Dan yang paling banyak dinyinyirin sebelumnya, Will Smith, bermain sangat epik. Will membuat Genie pada Aladdin 2019 berbeda dengan versi animasinya. Di sini, Genie terlihat konyol dan bikin gue ketawa-ketawa. Chemistrynya dengan Mena Massoud juga terlihat natural.

aladdin-2019-5-1024x682

The Conclusion

Jika dibandingkan dengan live action Disney sebelum-sebelumnya seperti Cinderella, Beauty & The Beast atau yang kemarin baru aja tayang, Dumbo, Aladdin terasa sangat menyenangkan dan layak ditonton. Memang gak semagis versi animasinya, tapi Aladdin live action ini bisa bikin ketawa selama hampir 2 jam non stop.

Rating: 4/5

aladdin-2019-poster

One Comment Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s